4 Ide Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi untuk Anak Muda

Sebagai anak muda pastinya ingin punya penghasilan tambahan bukan? Apalagi punya impian buat punya barang impian kamu. Wah pastinya keinginan untuk punya penghasilan tambahan semakin menjadi-jadi. Nah ada beberapa ide untuk menghasilkan uang nih, Yuk disimak!

  • Jasa Design

Kalian bisa mulai dengan Jasa Design. Di era digitial ini, semua bisnis dituntut untuk melakukan pemasaran digital.

Contohnya seperti branding di sosial media. Dalam pembuatan branding sosial media, design menjadi salah satu point penting.

Dengan design, suatu perusahaan dapat membangun ciri khas mereka sendiri. Kamu sebagai freelance design bisa menggunakan kesempatan ini sebagai peluang untuk menghasilkan uang.

Kalau kamu ingin memulai pekerjaan ini, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan karya-karya design kamu. Kemudian karya-karya tersebut dapat kamu mock up dan dijadikan portofolio sebagai bukti skill yang kamu miliki.

Lalu bisa tawarkan ke orang-orang terdekat kamu yang sekiranya memiliki kebutuhan jasa design. Gampang bukan?

  • Jasa Pembuatan Website

Sama seperti halnya design, website menjadi salah satu komponen penting dalam branding.

Dengan adanya website orang-orang akan jauh lebih mudah untuk menemukan informasi tentang perusahaan.

Website biasanya digunakan untuk company profile ataupun tempat bertransaksi untuk bisnis online.

Kalau kamu masih kuliah dan mempunyai skill di bidang pembuatan website, Freelance ini cocok banget buat kamu.

Kamu bisa pakai tugas-tugas kamu ataupun website yang sebelumnya yang sudah pernah kamu buat untuk dijadikan portofolio.

Dengan begitu calon customer kamu akan lebih mudah untuk mempercayai kamu untuk mengerjakan projectnya. Silahkan dicoba ya!

  • Jasa Fotografer dan Videografer

Fotografi dan videografi udah jadi hal yang lumrah banget di era digital ini.

Mulai dari iklan suatu perusahaan sampai akun sosmed ikut berlomba-lomba juga loh mengupload foto ataupun video dengan kualitas yang bagus.

Mengingat trend digital marketing melalui sosmed yang lagi hype banget. Mulai dari instagram, facebook, twitter, youtube dan yang lagi booming akhir akhir ini yaitu tiktok ikut dijadikan sebagai wadah promosi oleh perusahaan ataupun mikro bisnis.

Jasa fotografi dan videografi menjadi salah satu jasa yang paling dicari untuk promosi suatu bisnis.

Misal seperti pembuatan video company profile, foto katalog produk untuk online shop dan lainnya.

Selain sebagai bahan promosi, jasa fotografi dan videografi juga sering dipakai loh untuk dokumentasi sebuah acara.

Seperti acara pertunangan, nikahan atapun acara keagamaan dll. Kalau kamu punya bakat dibidang fotografi ataupun videografi, ide freelance ini bisa banget dicoba.

Kamu bisa start dengan upload karya-karya foto ataupun video kamu di akun sosial media kamu sendiri.

Dengan begitu calon customer kamu, bisa dengan mudah melihat hasil pekerjaan kamu. Kamu bisa juga tawarkan ke orang-orang terdekat kamu, goodluck!

  • Content Creator

Kalau kamu orang yang suka bikin konten atapun sharing tentang hal yang kamu suka, kamu bisa mulai dengan pekerjaan sebagai Content creator.

Mulai dari bahas makeup, tutorial masak ataupun ide-ide konten keren yang kamu punya. Content creator cukup menjanjikan, mengingat platform media sosial itu udah banyak banget.

Mulai dari instagram, tiktok hingga youtube. Kalian punya banyak opsi platform untuk membagikan konten yang kalian buat. Ingin jadi Content creator tapi engga punya kamera?

Tenang, kalian bisa start dengan device yang kalian punya. Yap, betul banget. Kalian bisa mulai buat konten dengan handphone yang kalian punya. Kemudian mulai upload di platform sosial media yang kamu punya.

Dan jangan lupa untuk konsisten upload konten nya ya. Konsisten adalah kunci dari kesuksesan!

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.