Apa itu Tipografi dan Kegunaannya?

Apa itu Tipografi dan Kegunaannya?

Siapa yang tidak asing dengan kata “Tipografi”? Tipografi sering digunakan dalam dunia desain grafis, para desainer memakai tipografi untuk penyusunan teks serta pembuatan desain grafis agar nyaman ketika dibaca atau melihat teks.

 

Sekarang tipografi sangat berperan penting dalam pembuatan website. Tipografi membantu pengunjung website agar mengerti dengan teks yang kita susun dan tata pada website.
Apabila anda masih kebingungan cara membuat website dan memanfaatkan tipografi, kami akan membantu anda, hubungi kami dengan klik disini

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahasa mengenai tipografi beserta kegunaannya pada website.

Apa itu tipografi?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, memiliki artian ilmu cetak atau seni percetakan. Bisa juga diartikan sebagai teknik mengatur huruf dan teks agar menarik danmengerti oleh pembaca, baik cetak dan digital.

Fungsi Tipografi

Fungsi utama dari tipografi ialah sarana menyampaikan informasi. Dalam menyampaikan informasi, harus memberikan rasa yang nyaman saat membaca teks bagi pembaca.
selain itu ada fungsi-fungsi lainnya, antara lain:

  • Mudah dibaca
    Pemilihan jenis font dan ukuran akan mempengaruhi kemudahan pembaca dalam mendapatkan informasi yang tersedia. Semakin jelas font yang dipakai, semakin memudahkan pembaca menerima informasi yang kita berikan.
  • Menarik perhatian
    memaksimalkan potensi Tipografi oleh para desainer, seperti pemakaian font bisa menciptakan Bradn awareness pada masyarakat yang melihat desain tersebut.

Prinsip tipografi

Prinsip ada untuk mengatur tipografi berfungsi sesuai dengan kegunaannya. Prinsip tipografi antara lain:

  • Readability
    Tingkat ukuran kemudahan suatu teks. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya ialah kombinasi dan jarak setiap huruf
  • Legibility
    Kemudahan mengetahui dan membedakan tiap karakter. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan karena bisa menghindarkan dari kesalahan mengenali huruf, dan pembaca akan lebih mudah dalam memahami informasi yang diberikan.
  • Visibility
    Prinsip ini berhubungan dengan jarak penglihatan antara pembaca dengan objek. Apabila kedua prinsip sebelumnya bisa dieksekusi dengan baik, maka visibility bukan menjadi problem.

 

Pengunaan Tipografi pada website perlu untuk memperhatikan hal berikut:

  • Menentukan yang diutamakan
    Perlu untuk tahu apa yang akan ditampilkan pada pengunjung website kita. Tipografi juga bisa menjadi bentuk ciri khas suatu website.
  • Mempertimbangkan peforma website
    Ketika memakai tipografi pada website, pastikan untuk memperhatikan peforma website, karena sering terjadi, dimana tipografi yang dibuat sangat kreatif dan menarik tapi membebani kinerja website, apabila ini terjadi website anda tidak menjadi optimal fungsinya.
  • Menyesuaikan penggunaan font
    Font formatting untuk website perlu disesuaikan, seperti jenis, warna, dan ketebalan. Komposisi font yang baik ialah dua font yang berbeda, judul atau heading dan konten.

Kesimpulannya ialah

Tipografi merupakan teknik mengatur huruf dan teks supaya menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Tipografi berfungsi sebagai saran menyampaikan informasi yang jelas dan menarik bagi pembaca. Terdapat prinsip yang perlu diperhatikan pada tipografi, yaitu Readability, Legibility, dan Visibility.
Tipografi juga bisa diterapkan pada website agar tampilannya lebih menarik serta meningkatkan rasa penasaran pengunjung website.

Baca artikel mengenai desain grafis disini.

Related post

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Halo, ProReaders! Pemerintah Kota Denpasar telah menetapkan keputusan bahwa setiap instansi atau perusahaan yang akan membangun sebuah gedung bangunan harus mengacu…
Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau kegiatan usaha yang memberikan potensi risiko kepada lingkungan wajib memiliki dokumen AMDAL. Prosedur pembuatan dokumen AMDAL…
4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau usaha untuk melaksanakan kegiatannya tentu memerlukan sertifikat atau izin yang diberikan oleh pihak pemerintah, baik pemerintah…

Leave a Reply

Your email address will not be published.