APA MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MEMILIKI HAKI?

APA MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MEMILIKI HAKI?

Halo, ProReaders!

Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI merupakan hak yang didapatkan dari hasil olah pikir manusia yang menghasilkan suatu produk, jasa atau proses yang bersifat ekonomis. HAKI dapat menjamin jika seorang pencipta atau penemu akan memperoleh hak-haknya secara eksklusif atas karyanya baik secara material maupun immaterial. HAKI sendiri secara umum mengacu pada dua hal, yakni hak cipta dan hak milik industri.

JENIS-JENIS HAKI

Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

  1. Hak Cipta

Ciptaan yang dilindungi:

  • Buku, karya tulis yang diterbitkan
  • Lagu atau musik dengan atau tanpa teks
  • Drama
  • Seni dan seni rupa dalam segala bentuk
  • Alat peraga untuk kepentingan pendidikan
  • Arsitektur
  • Terjemahan dan karya lain dari hasil pengalih wujudkan
  1. Paten

Hak paten terdiri dari dua jenis yakni hak paten dan hak paten sederhana.

  1. Merek

Merek merupakan suatu tanda yang ditampilkan secara grafis untuk membedakan barang atau jasa yang diproduksi.

  1. Desain Industri

Desain industri yang dapat didaftarkan, diantaranya:

  • Yang memiliki kebaruan, dengan catatan jika pada tanggal penerimaan permohonan pendaftaran desain industri tersebut tidak sama dengan yang telah ada sebelumnya.
  • Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketertiban umum, agama, atau kesusilaan.
  1. Indikasi Geografis

Permohonan pendaftaran indikasi geografis diajukan oleh:

  • Lembaga yang mewakili masyarakat di kawasan geografis tertentu yang mengusahakan suatu barang atau produk berupa sumber daya alam, barang kerajinan tangan atau hasil industri.
  • Pemerintah daerah provinsi atau kabupaten atau kota.
  1. Rahasia Dagang

Lingkup perlindungan rahasia dagang diantaranya meliputi metode produksi, pengolahan, penjualan, atau informasi lainnya di bidang teknologi atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh masyarakat umum.

  1. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu

Desain tata letak sirkuit terpadu merupakan rancangan peletakan tiga dimensi yang terbuat dari berbagai elemen yang setidaknya ada satu elemen aktif sehingga dapat menjadi koneksi pada sirkuit terpadu tersebut.

MANFAAT PENERAPAN HAKI

Merek dagang merupakan suatu hal yang penting yang harus dimiliki oleh pengusaha. Merek dagang merupakan penunjuk dari sebuah produk, barang atau jasa. Untuk itu, menerapkan HAKI pada merek dagang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Secara umum, menerapkan HAKI pada sebuah merek dagang berarti memberikan perlindungan hukum bagi penemu atau pencipta baik perorangan maupun kelompok dengan memberikan hak khusus untuk mengkomersialkan karya cipta, produk, barang atau jasanya. HAKI juga dapat digunakan sebagai perlindungan hukum kepada pencipta, juga terhadap hasil cipta karya serta nilai ekonomis yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, manfaat menerapkan HAKI juga dapat mendorong kegiatan penelitian dan pengembangan untuk melakukan temuan baru dari berbagai bidang teknologi.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HAKI

Selain manfaat yang akan diperoleh jika menerapkan HAKI. Para penemu atau pencipta suatu produk, barang, jasa atau karya lainnya perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki HAKI, diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan:

  1. Jika memiliki HAKI, penemu atau pencipta dapat menjalin kerjasama untuk memperkuat perlindungan Kekayaan Intelektual.
  2. Ketersediaan donasi administratif secara daring jika terjadi pelanggaran pelanggaran copyright.
  3. Selanjutnya, dapat melakukan koordinasi yg baik pada taraf kabinet dan koordinasi kerangka kerja untuk aplikasi Kekayaan Intelektual.

Kekurangan:

  1. Penemu atau pencipta yang memiliki HAKI wajib memperkuat persyaratan keberhasilan yg menargetkan paten biofarmasi.
  2. Terdapat kendala lokalisasi pada paten UU 2016 yang memasukkan persyaratan transfer teknologi untuk seluruh teknologi yang sudah dipatenkan.
  3. Diwajibkan memiliki sejarah penggunaan lisensi untuk keperluan komersial dan non darurat.
  4. Tingkat tantangan lingkungan copyright menggunakan taraf pembajakan yg tinggi.
  5. Terbatasnya partisipasi pada perjanjian Kekayaan Intelektual internasional.

Tunggu apalagi? Ayo segera daftarkan HAKI untuk merek dagang ataupun karya cipta milik Anda. Bersama PT Projasa Cita Nusantara, proses pendaftaran HAKI menjadi lebih mudah. Karena projasa merupakan perusahaan jasa Terlengkap, Transparan, Terpercaya.

Konsultasi GRATIS dan info lebih lanjut tengan HAKI, hubungi kami disini

Related post

PROJASA KONSTRUKSI

PROJASA KONSTRUKSI

Halo, ProReaders! Dalam industri, dunia konstruksi disebut-sebut sebagai salah satu bidang yang lebih dinamis jika dibandingkan dengan bidang – bidang industri…
MANFAAT MENDIRIKAN PT PMA

MANFAAT MENDIRIKAN PT PMA

Halo, ProReaders! Peraturan perundangan-undangan telah menetapkan dan tertulis jika investasi asing yang akan masuk ke Indonesia diharuskan melalui prosedur penanaman modal…
PERSYARATAN PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA

PERSYARATAN PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA

Halo, ProReaders! PT Penanaman Modal Asing atau PMA, merupakan suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia dimana di dalamnya terdapat penggabungan mitra…

Leave a Reply

Your email address will not be published.