Logo

Kartu ATM lama akan diblokir ? Berikut info penting yang harus anda ketahui

Oleh Admin - Jum, 04 Jun 2021 2 Views 0 Comment
Informasi kartu-atm-lama-akan-diblokir-berikut-info-penting-yang-harus-anda-ketahui

ilustrasi chip pada kartu ATM / source : freepik.com

Kartu ATM merupakan salah satu bentuk metode transaksi yang mempermudah penggunanya dalam melakukan pembayaran, menabung, dan menarik uang yang tersimpan dalam bank. Kartu atm seiring perkembangannya memiliki jenis otoritas yang berbeda diantaranya dengan magnetic stripe dan dengan chip. Baru-baru ini Bank Indonesia mengeluarkan Surat Edaran tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (enam) digit untuk kartu atm atau kartu debet yang diterbitkan di Indonesia. Bagi para nasabah yang masih menggunakan magnetic stripe diimbau menukarkan dengan kartu yang baru agar tidak diblokir. Penukaran dapat dilakukan pada abang terdekat dimana saja

 

Jadwal Pemblokiran

Untuk mencegah kartu ATM anda terkena blokir, berikut informasi penting dari masing-masing bank :

 

  1. BRI                      : 31 Desember 2021
  2. Mandiri                 : 1 Juni 2021 dan 1 Juli 2021
  3. BNI                       : 30 November 2021
  4. BCA                     : 1 Januari 2022

 

Bagaimana cara mengenali kartu ATM Magnetic Stripe ?

  1. Dari ciri fisiknya, ATM yang masih menggunakan magnetic stripe terdapat pola bergaris hitam memanjang pada bagian belakang kartu ATM.
  2. Kartu ATM dengan magnetic stripe yang rusak akan cenderung lebih sulit terbaca.
  3. Tidak terdapat chip pada kartu.
  4. Saat melakukan transaksi, pita hitam yang berada di dalam kartulah yang berfungsi menyimpan data dan akan terbaca saat melakukan transaksi.

 

Pentingnya Kartu ATM Berbasis Chip

  1. Kartu ATM yang berbasis chip cenderung lebih aman dan memiliki sekuritas tingkat tinggi.
  2. Tidak mudah digandakan, karena data yang tersimpan dapat lebih terperinci dan menyimpan banyak data.
  3. Di dalam chip memiliki CPU, memori, sistem operasi, aplikasi, dan fungsi kriptografi yang bermanfaat sebagai pencatatan/perekaman terjadinya transaksi.
  4. Meningkatkan keamanan bertransaksi, memitigasi resiko fraud (kecurangan yang disengaja dilakukan oleh satu orang atau pihak tertentu), dan mensejajarkan penyelenggaraan kartu ATM didalam negeri tanpa praktik di dunia internasional.

 

Pentingnya mengurus Penukaran ATM

Jika anda tidak melakukan penukaran kartu magnetric stripe lama anda dengan kartu berbasis Chip, ada beberapa konsekuensi yang harus ditanggung. Diantaranya :

  1. Jika ada pengguna yang belum juga melakukan konversi atau migrasi kartu ATM lama ke versi chip, kartu yang bersangkutan akan diblokir oleh pihak bank.
  2. Pengguna juga mungkin akan kesulitan saat melakukan transaksi EDC di merchant-merchant yang secara bertahap telah mengubah mesin EDC nya dan tidak lagi bisa mengakomodasi penggunaan kartu berbasis strip magnetik.

 

Batas Akhir Migrasi Kartu ATM

Secara umum, penggantian kartu ATM atau debit menjadi berbasis chip masih dapat dilakukan sebelum 31 Desember 2021. Namun, sebagian penyedia layanan perbankan menerapkan waktu yang berbeda-beda.

 

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami rangkum. Jangan lupa menukarkan ATM lama anda yang berbasis magnetic stripe menjadi Chip demi menjaga keamanan metode transaksi perbankan anda.

 

Projasa, sebagai partner bisnis anda siap melayani pengurusan izin usaha, izin bangunan, dan promosi digital anda. Konsultasikan kendala anda pada kami, gratis!

Tinggalkan Komentar

Popular Tags