CARA MEMBENTUK BRAND MANAGEMENT UNTUK BISNIS

Dalam dunia bisnis, tidak serta-merta berfokus hanya dalam pengelolaan keuangan, tetapi juga Brand yang disebut dengan Brand Management.
Management

Setiap perusahaan sudah harus memiliki identitasnya masing-masing agar bisa dibedakan dengan kompetitor lainnya, inilah yang disebut dengan Brand.

Pengelolaan Brand sangat membantu citra bisnis yang dibangun.

Brand Management dan Marketing sering dianggap sama, akan tetapi hal tersebut cukup berbeda.

Brand Management memiliki tanggung-jawab untuk membentuk identitas perusahaan.
Sedangkan, Marketing berperan untuk mempromosikan Brand usaha.

Brand yang dibentuk harus bisa membuat kesan ke orang-orang, meskipun mereka buka konsumen. Brand adalah bagaimana orang-orang bisa memikirkan bisnis anda, membicarakan, hingga merasa ingin menjadi konsumen anda.

Brand yang dibuat wajib menonjolkan bisnis anda, menaikkan permintaan ke bisnis anda, serta memperdalam koneksi dengan konsumen yang loyal.

Brand Management  akan sangat membantu Divisi Marketing dalam pembuatan kampanye promosi yang emosional, powerful, serta lebih berstrategis.

Berikut merupakan beberapa langkah untuk mengelola brand bisnis anda :

  1. Riset
    Mengetahui target pasar yang dituju dengan memakai produk anda. Perlu juga untuk mengetahui posisi brand anda di pasar, sehingga bisa membuat hal yang berbeda serta lebih kreatif dari kompetitor anda.
  2. Ciptakan Brand
    Membangun Brand awareness, yaitu sesuatu yang bisa diingat oleh orang-orang. Seperti pada logo, desain, warna dan sebagainya.
    Visioner dan kreatifitas sangat diperlukan dalam membangun Image
    Hal ini berhasil dilakukan oleh AQUA sebagai merk air mineral terkemuka di Indonesia, orang-orang akan otomatis menyebut AQUA apabila mereka akan membeli air mineral.
  3. Desain Visual
    Secara visual, perusahaan harus membuat sesuatu yang mudah diingat oleh masyarakat bukan yang menurut perusahaan bagus. Sangat penting untuk menyesuaikan dengan target pasar perusahaan.
    Apabila menggunakan hal-hal yang ‘estetik’ seperti pemilihan font yang keren dan edgy tetapi audiens perusahaan ialah orangtua dengan tipe yang suka ke sesuatu yang standar, maka hasilnya tidak efesien dan efektif sehingga hal tersebut ialah sia-sia.
    Contoh nyata yang berhasil melakukannya ialah Gojek dan Tokopedia, apabila melihat warna dasar suatu perusahaan bewarna hijau, kita otomatis langsung terpikirkan pada kedua perusahaan besar tersebut.
  4. Tagline
    Dalam promosi, sangat akan efesien apabila perusahaan memiliki tagline yang kuat dan bagus, hal itu membuat kesan tersendiri kepada masyarakat. Bahkan bisa ditirukan masyarakat, tagline seharusnya tampil sesering mungkin ketika melakukan Marketing
    Contoh Tagline yang berhasil ialah dibuat oleh Sprite dengan tagline “Sprite nyatanya nyegerin” dengan iklan yang menunjukkan kondisi cuaca panas sambil minum Sprite sebagai minuman yang menyegarkan. Hal ini berhasil merasuk kedalam psikologi masyarakat, bahwa ketika cuaca panas akan terasa menyegarkan apabila meminum produk mereka.

 

Brand management harus dibentuk dengan kuat agar mempermudah meniti kesuksesan berbisnis.

Untuk tahu cara pengelolaan keuangan bisnis secara sederhana, bisa baca disini

Konsultasikan usaha anda disini!

Semoga sukses selalu!

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.