Fungsi dan Keuntungan Memiliki PBG Usaha

Fungsi dan Keuntungan Memiliki PBG Usaha

Halo, ProReaders!

Sebuah bangunan gedung dengan fungsi sebagai tempat usaha tentunya memerlukan sebuah dokumen yang menjamin jika bangunan tersebut legal atau layak untuk digunakan. Dengan memiliki PBG Usaha atau Persetujuan Bangunan Gedung Usaha dapat menjadi salah satu proses yang baik.

Seperti yang diketahui, PBG Usaha atau Persetujuan Bangunan Gedung Usaha merupakan dokumen atau izin yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha atau sebuah perusahaan. Selain membantu memberikan jaminan kepada pemilik gedung akan keamanan dari sebuah gedung, berikut beberapa keuntungan dan manfaat lainnya jika sebuah bisnis, perusahaan atau pelaku usaha yang kegiatannya memerlukan sebuah bangunan, memiliki PBG Usaha.

Kelebihan dan Kekurangan Mengurus PBG Usaha

Manfaat atau kelebihan dari PBG Usaha ini adalah melindungi pemilik bangunan agar bangunan yang dibangun nantinya tidak menimbulkan dampak negatif bagi pemiliknya, masyarakat, dan lingkungan sekitarnya, maka bangunan gedung harus memenuhi seluruh standar teknis pelaksanaan konstruksi.

PBG usaha sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan PBG adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan perlindungan

Bangunan gedung usaha memperoleh jaminan perlindungan hukum yang sah, sehingga akan aman jika nantinya mendapatkan gangguan dari berbagai pihak.

  1. Standarisasi bangunan terjamin

PBG tidak serta merta diberikan, terdapat beberapa tahap pengecekan yang dilakukan guna memastikan gedung yang dibangun atau yang berdiri telah memenuhi standarisasi bangunan yang ditetapkan.

  1. Dapat dijadikan sebagai jaminan

Bangunan gedung yang memiliki PBG dapat dijadikan sebagai jaminan untuk pengajuan ke bank.

  1. Harga jual meningkat

Sebagai jaminan perlindungan hukum, sudah bisa dipastikan jika PBG dapat meningkatkan harga jual suatu gedung.

Baca Juga: Cara Membuat PBG Usaha

Sedangkan, kekurangan dari PBG sendiri yaitu:

  1. Tidak mudah didapatkan

Seperti yang diketahui, proses yang harus dilalui untuk pengajuan dan memperoleh PBG tidak mudah.

  1. Memerlukan banyak persyaratan

Pengajuan PBG memerlukan prosedur dan dokumen persyaratan yang tidak sedikit.

  1. Memerlukan biaya tambahan

Selain persiapan dana untuk pembangunan, seseorang yang ingin mendirikan bangunan harus menyiapkan biaya tambahan yang diperlukan sebagai biaya pengajuan PBG.

Baca Ini Juga: Pentingnya PBG RT (Rumah Tinggal)

Untuk melakukan pendaftaran PBG Anda tidak perlu bingung mencari jasa yang tepat dan terpercaya yang bisa membantu dalam mengatasi kecemasan dan kebingungan untuk memperoleh PBG Usaha. Jika ingin melakukan pembuatan atau pengajuan PBG Usaha yang mudah dan cepat, Anda bisa mengunjungi Projasa.

Projasa merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan dokumen-dokumen resmi yang siap melayani Anda untuk mengurus keperluan dokumen persyaratan PBG dan membantu Anda untuk mendaftarkan PBG Anda dengan cepat dan tepat. Tunggu apa lagi segera hubungi Projasa sekarang juga.

Klik disini untuk mulai mengkonsultasikan proses pengajuan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) Usaha Anda.

Related post

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Halo, ProReaders! Pemerintah Kota Denpasar telah menetapkan keputusan bahwa setiap instansi atau perusahaan yang akan membangun sebuah gedung bangunan harus mengacu…
Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau kegiatan usaha yang memberikan potensi risiko kepada lingkungan wajib memiliki dokumen AMDAL. Prosedur pembuatan dokumen AMDAL…
4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau usaha untuk melaksanakan kegiatannya tentu memerlukan sertifikat atau izin yang diberikan oleh pihak pemerintah, baik pemerintah…

Leave a Reply

Your email address will not be published.