Jasa Samsat Motor Bali

Jasa Samsat Motor Bali

  • Bisnis
  • May 23, 2022
  • No Comment
  • 144

Halo, ProReaders!

Sebagian orang mungkin sering menyebut kata ‘samsat’ tanpa tau definisi atau arti sebenarnya. Samsat sendiri merupakan singkatan dari Sistem Administrasi Mangunggal Satu Atap, atau secara umum masyarakat mengenalnya sebagai membayarkan pajak kendaraan bermotor.

Pengertian Samsat

Peraturan Presiden No 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan SAMSAT menjelaskan SAMSAT sendiri merupakan sebuah rangkaian sistem yang berfungsi untuk menyelenggarakan tugas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Registrasi serta Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident Ranmor), dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelekaan Lalu lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Kepanjangan tersebut tentunya tak lepas dari fungsinya, yang dalam hal ini terbagi menjadi tiga instansi pelaksana yang disebut sebagai Tim Pembina Samsat. Tim pertama adalah tim dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan pajak dari kendaraan bermotor tersebut. Tim kedua adalah Direktorat lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) yang menjalankan fungsi Regident Ranmor. Dan tim ketiga adalah PT jasa Raharja (Persero) yang bertugas mengelola SWDKLLJ.

Samsat sendiri merupakan sebuah inovasi untuk mempersingkat proses pembayaran pajak kendaraan karena dulu sebelum tahun 1974, untuk melakukan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) harus datang mengurus ke tiga kantor instansi secara terpisah, yakni kantor pajak, kantor asuransi dan kantor polisi.

Kantor Samsat sendiri merupakan wadah bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang membidangi lalu lintas yang diwakilkan oleh Dirlantas Polda.

Mengapa Wajib SAMSAT?

Seperti yang diketahui, pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) terdapat rincian terkait apa saja yang dibayarkan untuk memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Beberapa poin tersebut merupakan hal yang dibayarkan saat membayar pajak kendaraan.

  1. BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan

Besarnya BBN KB adalah 10% dari harga motor (off the road)/ harga faktur untuk motor baru, dan motor bekas (seken) sebesar 2/3 pajak (PKB) nya.

  1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Besarnya PKB adalah 1,5% dari nilai jual motor dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual motor.

  1. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja. Saat ini SWDKLLJ sudah berganti menjadi SW-Jasa Raharja atau Sumbangan Wajib Jasa Raharja.

  1. Biaya ADM (Administrasi)

Biaya administrasi sendiri akan dikenakan saat proses penggantian pelat nomor (5 tahun sekali) atau pada saat balik nama.

Baca Juga: Jasa Samsat Mobil Bali

Syarat Samsat Motor

Syarat bayar pajak motor atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan.

Pajak kendaraan harus dibayar setiap tahunnya, termasuk juga pengesahan STNK atau perpanjangan STNK. Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat perpanjangan STNK motor tahunan sekaligus syarat bayar pajak motor, antara lain:

  1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
  2. Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Untuk memperpanjang kendaraan dinas atau kendaraan milik perusahaan, Anda harus mempersiapkan fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP perusahaan dan TDP perusahaan.
  4. Jika orang lain yang mengurus pembayaran pajak kendaraan milik Anda, siapkan surat kuasa bagi orang tersebut.

Syarat bayar pajak motor atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) 5 tahunan.

Pajak Kendaraan Bermotor lima tahunan adalah pajak rutin yang harus dibayarkan setiap lima tahun sekali. Pajak lima tahunan ini ditandai dengan pergantian plat nomor kendaraan dan STNK. Khusus PKB lima tahunan, setiap wajib pajak harus datang langsung ke kantor SAMSAT karena proses pengurusannya belum bisa dilakukan secara online.

Untuk proses dan syarat perpanjangan STNK lima tahunan sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perpanjangan tahunan. Bedanya, perpanjangan lima tahunan terdapat pemeriksaan kendaraan.

Untuk samsat kendaraan, Anda bisa menggunakan birojasa untuk menghemat waktu dan tenaga sehingga menjadi lebih efisien.

Yuk bayar samsat motor bareng Projasa, klik disini untuk layanan samsat motor.

Related post

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Halo, ProReaders! Pemerintah Kota Denpasar telah menetapkan keputusan bahwa setiap instansi atau perusahaan yang akan membangun sebuah gedung bangunan harus mengacu…
Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau kegiatan usaha yang memberikan potensi risiko kepada lingkungan wajib memiliki dokumen AMDAL. Prosedur pembuatan dokumen AMDAL…
4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau usaha untuk melaksanakan kegiatannya tentu memerlukan sertifikat atau izin yang diberikan oleh pihak pemerintah, baik pemerintah…

Leave a Reply

Your email address will not be published.