Kenali Apa Itu WordPress Beserta Keunggulanya

Sudah sering kita dengar membuat website dengan wordpress. Lalu apa itu WordPress? WordPress merupakan sebuah Content Management System (CMS) berbasis PHP dan MySQL. WordPress dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little dan dirilis pada 27 Mei 2003. WordPress bersifat open source sehingga siapa pun bisa menggunakan dengan gratis.

Walapun gratis bukan berarti WordPress tidak memerhatikan kualitas. WordPress sudah banyak digunakan untuk membuat website perusahaan dan lembaga pemerintah.

Berikut keunggulan bila menggunakan WordPress :

1. Ramah untuk Pemula dan Ahli

WordPress sangat ramah untuk pemula sehingga bisa digunakan siapa saja dari orang yang sudah ahli programming maupun orang awam.

2. Komunitas Besar

Komunitasnya sudah sangat besar sebesar 30 persen website di dunia yang dibuat menggunakan WordPress, angka tersebut juga menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia.

3. Plugin Melimpah

Terdapat ribuan plugin wordpress untuk memudahkan kita dalam mengelola dan menambahkan fitur untuk website. Kelebihan ini jarang ditemukan di platform lain. Contohnya website builder Elementor, dan lain – lainnya.

4. Ribuan Tema Untuk Kustomisasi

Tema wordpress juga mudah dikustomisasi tanpa coding hanya perlu melakukannya dengan beberapa klik.

Opsi lain, kita dapat membeli berbagai template premium di marketplace seperti ThemeForest biasanya memiliki fitur yang lebih unggul.

5. Instalasi dan Pembaruan Mudah Dilakukan

WordPress terkenal karena proses instalasinya yang bisa diselesaikan dibawah lima menit. Biasanya penyedia web hosting menyediakan softaculous untuk memudahkan instalasi dalam satu klik

6. Multifungsi & Fleksibel

WordPress multifungsi karena banyak fitur tema dan plugin yang ditawarkan oleh CMS WordPress ini, tidak hanya bisa membuat sebuah blog pribadi atau toko online yang sederhana, tetapi juga company profile, bahkan dapat dipakai untuk membangun website dalam berbagai skala, mulai dari sebuah blog sederhana hingga toko online dengan berbagai produk.

Fleksibilitas WordPress tidak berhenti di situ. WordPress ini juga bersifat mobile-friendly. Berarti wordpress ini menyesuaikan tampilan website untuk berbagai ukuran layar. Hal ini tidak membutuhkan keahlian teknis. Cara mengatur tampilan konten website  hanya perlu membuka menu kustomisasi tema.

7. Aman

Keamanan data merupakan suatu hal terpenting ketika memiliki website, terutama jika berurusan dengan transaksi dan informasi pribadi. Banyak plugin peningkat keamanan yang tersedia di WordPress sehingga tidak perlu cemas.

8. Mudah Dioptimalkan untuk SEO

Sebuah website agar mudah ditemukan dalam mesin pencarian seperti Google, harus melakukan SEO atau search engine optimization.

Pengoptimalan pada WordPress tidaklah rumit, tanpa menambahkan plugin apapun sudah dapat mengubah permalink pada halaman dan blog post, serta menambahkan alt text pada gambar di website.

Pada wordpress terdapat plugin SEO yang berkualitas, contohnya Yoast SEO.

Sekarang kita telah mengetahui apa itu WordPress dan beberapa keunggulannya. Bila ingin berkonsultasi mengenai website dan digital marketing silahkan menghubungi kami melalui email support@projasa.co.id, wujudkan website profesional dengan WordPress.

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.