Peluang Untung Besar, Ini 7 Ide Bisnis Pertanian Rumahan

 

Adakah yang memiliki resolusi untuk menjalankan bisnis di tahun yang baru ini? Tentunya bisnis pertanian bisa dimasukkan kedalam daftar pilihan bisnis kamu. Pasalnya, jenis bisnis pertanian berpotensi memiliki keuntungan yang besar lantaran produk yang dihasilkan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.

contoh salah satu bisnis pertanian ialah Hidroponik
Bisnis pertanian nggak melulu butuh lahan yang luas dengan modal yang besar, kok. Kamu juga bisa memulai bisnis pertanian rumahan. Cukup dengan lahan berukuran beberapa meter saja dan bisa jadi petani modern yang berpeluang mendapatkan untung.

Lalu, kira-kira, apa saja jenis ide bisnis pertanian rumahan yang menguntungkan tersebut?

Berikut 7 inspirasi bisnis pertanian rumahan dengan modal kecil 

 

  1. Menjual tanaman organik

Ide bisnis pertanian rumahan yang pertama ialah menjadi petani tanaman organik. Saat ini, permintaan terhadap jenis tanaman bebas zat kimia yang satu ini sangat tinggi di pasaran. Hal ini dikarenakan jenis tanaman organik disebut-sebut lebih sehat dan memiliki penampilan yang menarik. Oleh karena itu, menjadi petani tanaman organik bisa menjadi salah satu ide bisnis petani rumahan yang cukup menjanjikan untukmu.

  1. Menjual tanaman obat

Di masa pandemi seperti ini, obat-obatan herbal menjadi salah satu pilihan populer di kalangan masyarakat. Melihat tren yang tinggi, menjadi petani tanaman obat bisa jadi jalan ninjamu. Pasalnya, obat-obatan herbal kini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi dan tentunya hal ini jadi peluang yang bagus untuk bisnis.

  1. Menjual bibit tanaman

Pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah di kala pandemi ini membuat hobi baru bermunculan, salah satunya yang paling populer ialah memelihara tanaman. Nah, melihat situasi tersebut, menjadi penjual bibit tanaman merupakan salah satu pilihan yang cukup menjanjikan, lho. Kamu bisa menjual bibit sayuran atau bibit buah-buahan.

  1. Blogger pertanian

Ide pertanian selanjutnya ialah menjadi blogger di bidang pertanian. Iya, blogger. Kamu bisa membuat sebuah blog yang kamu isi dengan konten seputar pertanian. Peluang yang satu ini cukup menjanjikan. Pasalnya, belum banyak yang menggeluti profesi ini dan modalnya pun sangat kecil.

  1. Menjual tanaman rempah

Kekayaan akan rempah-rempah di Indonesia mengundang permintaan pasar luar negeri yang cukup tinggi, nih. Oleh karena itu, kamu juga bisa menjadi pemain di pasar ini. Ada banyak rempah yang bisa kamu pilih sebagai bahan jualanmu, seperti akar wangi, asam jawa, bawang putih, bawang merah, kapulaga, cabai, hingga cengkih.

  1. Menjual pupuk

Bisnis pupuk tanaman juga menjadi salah satu pilihan bisnis pertanian yang cukup menjanjikan. Untuk memulai bisnis ini kamu bisa memulainya dengan mempelajari proses pembuatan pupuk.

  1. Menjual tanaman hias

Siapa yang menyangka jika masa pandemi membuat orang memiliki minat tinggi terhadap tanaman hias untuk di rumah. Waktu yang tepat bagi kamu untuk memulai bisnis di bidang ini. Misalnya menjual tanaman hias yang sedang trend, seperti aglonemamonsteracalathea hingga sirih gading.

 

Jika tidak mengerti tanaman, kamu bisa menjual pot tanaman unik, batu hiasan di dalam pot, hingga paket hampers tanaman mini. Jangan lupa juga untuk memperluas cakupan bisnismu dengan memastikan legalitas dari bisnis yang kamu jalankan.

 

Sudah ada ide bisnis tapi bingung cara memasarkannya? Tenang ada Projasa yang siap membantu kamu untuk memulai bisnis, mulai dari cara pemasaran, pengurusan legalitas serta pendaftaran logo bisnis kamu bisa dibantu oleh tim Projasa, loh. Jadi, sudah siapkah kamu untuk bersaing dengan kompetitor di dunia bisnis. Tunggu apalagi? klik disini

 

 

 

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.