Pengertian Hosting beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian hosting merupakan suatu layanan website yang berguna untuk menyimpan semua data agar dapat diakses secara online. Data tersebut yaitu berupa dokumen, gambar, video, email, aplikasi dan lain sebagainya.

Jenis Hosting

Hosting mempunyai berbagai jenis sesuai cara kerjanya. Maka dari itu, sangat penting bagi pengguna untuk memahami perbedaan di antara jenis – jenis hosting yang tepat dengan kebutuhan bisnis para pengguna.

1. Shared hosting

Shared hosting merupakam jenis layanan web hosting di dalam satu server terdapat beberapa website. Jenis hosting ini lebih murah dibandingkan yang lainnya karena spesifikasinya “RAM dan CPU” lebih rendah, umumnya server dipakai oleh beberapa pengguna atau pemilik website. Jenis hosting sangat cocok digunakan oleh pemiliki website yang trafik websitenya tidak banyak.

2. Cloud based hosting

Cloud hosting merupakan jenis layanan web hosting dengan teknologi terbaru yang memanfaatkan teknologi komputasi awan “cloud”. Cloud web hosting menggunakan banyak server yang tersebar di banyak titik di berbagai negara sehingga website yang berada dalam hosting ini proses loadingnya lebih cepat, lebih stabil dan cenderung lebih aman.

3. VPS hosting

VPS hosting merupakan singkatan dari Virtual Private Server yaitu sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk website. Pada dasarnya VPS sama seperti shared hosting, namun VPS memiliki kelebihan tersendiri yaitu sumber daya yang lebih besar serta teknologi virtualisasi. Virtual Private Server sangat cocok digunakan oleh pemilik website yang memiliki website dengan trafik yang besar.

4. Dedicated hosting

Dedicated hosting merupakan jenis layanan web hosting yang menyediakan server yang digunakan hanya untuk satu akun website saja.
Jenis web hosting ini sangat cocok untuk pemilik website dengan trafik yang sangat besar. Dedicated web hosting juga menawarkan privasi yang lebih terjaga karena hanya digunakan oleh satu klien saja.

Apa sudah tahu mana jenis hosting yang cocok buatmu. Jika belum konsultasikan besama projasa melalui pesan Whatsapp (+62) 812-553-2111 maupun email support@projasa.co.id

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.