Pengertian Reklame dan Jenis-jenisnya

Contoh Reklame

Pengertian reklame merupakan media yang digunakan untuk bisa menyampaikan informasi secara singkat kepada khalayak ramai melalui media gambar, teks, atau audio.

Reklame biasanya berisi gambar yang mencolok terkait produk yang akan dipromosikan atau pesan lain yang ingin disampaikan.Bertujuan untuk mengajak mereka untuk bisa melakukan berbagai hal yang memang ingin disampaikan.

Jenis-jenis Reklame

1. Jenis reklame berdasarkan Pengadaannya

Berdasarkan jenis pengadaan reklame, reklame terbagi menjadi dua jenis, antara lain:

A.Reklame Komersial

Reklame komersial adalah jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis sehingga memperoleh meningkatkan penjualan. Jenis reklame ini umumnya banyak digunakan untuk keperluan bisnis.

B.Reklame Non Komersial

Reklame non komersial adalah jenis reklame yang digunakan untuk keperluan nonkomersial antara lain mengajak, menghimbau, atau menyampaikan informasi agar mau mengikuti pesan yang disampaikan. Contohnya adalah tertib lalu lintas, himbauan untuk taat pajak, dan lain-lain.

2. Berdasarkan Sifatnya

Berikut beberapa reklame berdasarkan sifatnya, antara lain :

A.Reklame Penerangan

Reklame penerangan adalah reklame yang memiliki tujuan untuk menerangkan informasi penting kepada masyarakat dan sifatinya lebih informatif.

B.Reklame Peringatan

Reklame peringatan adalah reklame yang memiliki tujuan untuk peringatan pada masyarakat pengguna jalan melalui gambar reklame yang mencolok.

C.Reklame Permintaan atau Ajakan

Jenis reklame ini berisi ajakan atau meminta kepada banyak orang untuk bersedia mengikuti suatu permintaan atau ajakan, mengajak pihak masyarakat untuk turut peduli dengan sesamanya melalui gambar reklame yang menarik.

3.Berdasarkan Tempat Pemasangannya

Berdasarkan tempat pemasangan reklame, jenis reklame ini terbagi menjadi reklame indoor dan reklame outdoor.

A.Reklame Indoor

Reklame indoor adalah jenis reklame yang ditempatkan di dalam ruangan. Jenis reklame ini mempunyai ukuran yang kecil atau sedang dengan bahan pembuatan yang tidak harus tahan air serta sengatan sinar matahari. Contoh dari jenis reklame indoor adalah brosur, leaflet, etiket, dan lain-lain.

B.Reklame Outdoor

Reklame outdoor adalah jenis reklame yang ditempatkan diluar ruangan. Jenis reklame ini harus berukuran besar dengan bahan pembuatan yang harus tahan air serta sengatan sinar matahari. Contoh reklame outdoor adalah spanduk, papan nama, baliho, dan lain-lain.

4. Berdasarkan Media

Reklame berdasarkan media terbagi menjadi tiga jenis, antara lain:

A.Reklame Audio

Reklame audio adalah jenis reklame yang diwujudkan dengan media suara secara langsung atau tidak langsung.

B.Reklame Visual

Reklame visual adalah jenis reklame yang diwujudkan dalam bentuk visual atau gambar. Reklame visual ini terdiri dari:

1. Poster

Unsur poster adalah kata-kata dan gambar. Menurut KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Isi poster mengandung pesan kepada khalayak

2. Spanduk

Spanduk adalah media informasi yang biasanya berukuran besar dan membentang. Media promosi yang satu ini, dipasang untuk memberikan informasi secara tidak langsung kepada pengguna jalan. Sebab, spanduk biasanya dipasang di beberapa tempat, dan salah satunya adalah di jalan besar. Spanduk memiliki ragam ukuran yang hanya dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan.

3. Plakat

Plakat merupakan kombinasi bentuk dan typografi pada papan kayu. Model bentuk dan typografi yang dibubuhkan dapat berupa model embos ataupun debos, tergantung desain yang anda inginkan.

4. Papan Nama

Papan reklame merupakan salah satu media luar ruang yang memiliki tujuan menyampaikan pesan mengenai suatu produk atau jasa bahkan individu-individu yang ingin mendongkrak popularitas.

5. Baliho

Baliho adalah sebuah media promosi yang mengandung unsur memberitakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan khalayak umum. Jika ditinjau dari segi etimologi kata, istilah “baliho” sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti menyampaikan.

6.Reklame Audio Visual

Reklame audio visual adalah jenis reklame yang memanfaatkan media suara serta gambar menarik.

Demikian penjelasan tentang apa pengertian reklame dan jenis-jenisnya. Temukan lebih banyak pilihan layanan terlengkap mulai dari layanan desain grafis hingga perizinan di Projasa.co.id. Semoga bermanfaat!

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.