PSIKOLOGI DIBALIK WARNA LOGO

PSIKOLOGI DIBALIK WARNA LOGO

Apa itu psikologi warna? kami akan membahasnya pada artikel, karena warna menjadi kunci yang krusial dalam memberikan identitas brand usaha kita.

Warna
PENGERTIAN PSIKOLOGI
Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental dan proses mental melalui prosedur ilmiah. Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa yunani kuno: (psyche yang berarti jiwa) dan (-logia yang artinya ilmu), sehingga secara etimologi, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Penyebutan “ilmu psikologi” merupakan sebuah kekeliruan yang sering muncul karena kata “psikologi” sendiri berarti “ilmu tentang jiwa”.

PENTINGNYA MEMILIH WARNA DALAM SEBUAH LOGO
Seperti yang kita tahu bahwa pemilihan warna dalam sebuah logo merupakan hal yang sangat penting, karena dengan pemilihan warna yang tepat dapat menarik perhatian audiens untuk melihat logo kita. Namun, tidak banyak juga dari kita sangat susah menentukan warna apa yang cocok untuk digunakan dalam logo yang akan kita buat. Maka dari itu sebagai Design Graphics kita harus tahu permainan dan kombinasi warna yang cocok, dan tidak lupa juga kita harus bisa mengantisipasi perbedaan budaya dalam memilih suatu warna untuk desain yang akan kita buat.

Contohnya seperti warna putih di Indonesia melambangkan kesucian, namun di Tiongkok dan Korea warna putih melambangkan kedukaan. Pada akhirnya, sebelum memilih warna sebaiknya kita melakukan riset terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam menyampaikan presentasi kepada audiens.

Nah maka dari itu disini kami dari tim projasa akan memberikan kalian pengetahuan tentang psikologi di balik warna logo.

  1. MERAH

Warna Merah sendiri melambangkan Kegembiraan, Berenergi, Semangat Membara.
Banyak perusahaan-perusahaan besar sudah menggunakan warna merah sebagai warna dasar logo mereka. Kebanyakan perusahaan yang menggunakan warna merah sendiri merupakan perusahaan yang memiliki tujuan untuk menghibur dan menyenangkan customernya.
Contohnya : J&T dan Youtube

  1. UNGU

Warna Ungu sendiri melambangkan Keagungan, Spiritual, Misterius.
Perusahaan-perusahaan yang menggunakan warna ungu kebanyakan adalah perusahaan yang bergerak dibidang digital.
Contohnya : Yahoo dan OVO atau PT Visionet Internasional

  1. BIRU

Warna Biru sendiri melambangkan Kepercayaan, Profesionalitas, Damai dan Tenang.
Nah, seperti yang kita tahu bahwa warna biru salah satunya melambangkan kepercayaan, maka kebanyakan bank terutama di Indonesia kebanyakan menggunakan warna dasar biru sebagai warna dasar logo mereka.
Contohnya : BCA dan BRI

  1. KUNING

Warna Kuning sendiri melambangkan Optimis, Ceria, Menyenangkan, Bahagia.
Perusahaan makanan dan minuman banyak menggunakan warna kuning sebagai warna dasar dikarenakan salah satu lambang warna kuning yaitu menyenangkan dimana para perusahaan makanan dan minuman sendiri berharap agar customer yang datang bisa merasa senang dan ingin kembali lagi ketempat itu.
Contohnya : McDonald dan Burger King

  1. ORANGE

Warna Orange sendiri melambangkan Segar, Muda, Kreatif dan Petualang.
Warna orange ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang menjual produk yang bisa digunakan untuk orang-orang yang menolak tua dan suka dengan petualangan.
Contohnya : Harley Davidson dan Soundcloud

  1. HIJAU

Warna Hijau sendiri melambangkan Alami, Martabat, kekayaan.
Perusahaan yang biasanya menggunakan warna hijau biasanya perusahaan yang ingin membuat customernya merasa nyaman menggunakan atau membeli produk mereka.
Contohnya : Starbuck dan Spotify

  1. HITAM

Warna Hitam sendiri melambangkan Canggih, Formal, Mewah
Biasanya penggunaan logo warna hitam banyak kita lihat diproduk-produk olahraga itu karena salah satu arti warna hitam ialah canggih, agar para pengguna produk tersebut berasa menggunakan produk canggih meskipun produk yang digunakan bukanlah produk teknologi.
Contohnya : Adidas dan Nike

  1. ABU/PUTIH

Warna Abu/Putih sendiri melambangkan Murni, Sederhana, Minimalis tapi Mewah
Kebanyakan perusahaan yang menggunakan warna putih pada logonya biasanya perusahaan teknologi dan otomitif, itu karena mereka ingin memperlihatkan bahwa produk mereka minimalis tapi mewah.
Contohnya : Toyota dan Apple

Nah sekarang pada tahukan makna warna pada setiap logo perusahaan-perusahaan besar ?

Jadi perusahaan-perusahaan besar itu ga sembarangan loh milih warna dasar pada logo mereka. Misal nih, seperti bank kebanyakan mereka menggunakan warna biru untuk menggambarkan profesionalitas dan kepercayaan. Sedangkan logo mobil kebanyakan warna abu/putih untuk melambangkan kemewahan.

Coba lakukan riset mengenai warna logo perusahaan kesukaan anda, maka anda akan menemukan sebuah makna yang tersirat dalam warna logo tersebut.

Jadi, pastikan logo perusahaan anda memiliki warna yang tepat agar bisa menarik para customer dengan cara menggunakan permainan psikologi warna untuk segera membeli atau menggunakan produk yang anda tawarkan.

Buat logo perusahaan anda dengan tim desain kami yang kreatif serta sudah ahli dibidangnya..

Hubungi kami dengan klik disini.

Related post

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Halo, ProReaders! Pemerintah Kota Denpasar telah menetapkan keputusan bahwa setiap instansi atau perusahaan yang akan membangun sebuah gedung bangunan harus mengacu…
Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau kegiatan usaha yang memberikan potensi risiko kepada lingkungan wajib memiliki dokumen AMDAL. Prosedur pembuatan dokumen AMDAL…
4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau usaha untuk melaksanakan kegiatannya tentu memerlukan sertifikat atau izin yang diberikan oleh pihak pemerintah, baik pemerintah…

Leave a Reply

Your email address will not be published.