Syarat dan Prosedur Mengurus Persetujuan Bangunan Gedung atau PBG Kota Surabaya

Syarat dan Prosedur Mengurus Persetujuan Bangunan Gedung atau PBG Kota Surabaya

Halo, ProReaders yang ada di Kota Surabaya dan sekitarnya, piye kabare?

Mendirikan sebuah bangunan memerlukan Persetujuan Bangunan Gedung atau PBG sebagai dokumen resmi bangunan. Sebelum berganti menjadi PBG, izin bangunan ini disebut dengan IMB.

Pengertian PBG

PBG atau Persetujuan Bangunan Gedung dalam Pasal 11 Poin 7 PP diterangkan jika PBG merupakan perizinan yang diberikan kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat Bangunan Gedung sesuai dengan standar tenis Bangunan Gedung.

PBG sendiri lebih fokus kepada fungsi dan klasifikasi bangunan gedung, standar teknis, proses penyelenggaraan bangunan gedung, sanksi administratif, peran masyarakat dan pembinaan.

Kemudian, apa saja syarat yang diajukan untuk mengurus izin PBG?

Syarat Mengurus PBG

Untuk mengajukan izin PBG tentunya memerlukan beberapa syarat yang perlu dipersiapkan oleh pemilik bangunan gedung. Syarat tersebut diantaranya dokumen rencana teknis dan dokumen perkiraan biaya pelaksanaan konstruksi.

Dokumen rencana teknis sendiri terdiri dari data rencana arsitektur, data rencana struktur, data rencana utilitas dan spesifikasi teknik bangunan gedung.

Adapun dokumen rencana arsitektur diantaranya:

  1. Data penyedia jasa perencana arsitektur
  2. Konsep rancangan
  3. Gambar rancangan tapak
  4. Gambar denah
  5. Gambar tampak bangunan gedung
  6. Gambar potongan bangunan gedung
  7. Gambar rencana tata ruang dalam
  8. Gambar rencana tata ruang luar
  9. Detail utama dan/atau tipikal

Baca Juga: Cara Urus Izin Usaha CV

Sedangkan untuk dokumen rencana struktur sendiri terdiri dari gambar rencana struktur bawah termasuk detailnya, gambar rencana struktur atas termasuk detailnya, gambar rencana basement, perhitungan rencana struktur yang dilengkapi dengan data penyelidikan tanah untuk bangunan gedung yang memiliki lebih dari dua lantai.

Prosedur Pendaftaran PBG

Setelah mengetahui apa saya dokumen persyaratan yang perlu dipersiapkan, selanjutnya adalah prosedur atau cara untuk memperoleh PBG.

Jika kedua dokumen yang diperlukan sudah siap, selanjutnya adalah mengajukan dokumen tersebut kepada Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota, atau Pemerintah Provinsi. Setelah itu, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh pemilik gedung, diantaranya:

  1. Melakukan Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan oleh pemilik gedung atau pemohon melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung. Pada tahap ini, beberapa data yang perlu dipersiapkan diantaranya kartu identitas pemilik gedung, data bangunan gedung dan dokumen rencana teknis.

  1. Melakukan Pemeriksaan Dokumen

Setelah melalui tahap pendaftaran, dokumen yang telah diserahkan kepada Dinas terkait maka selanjutnya akan diperiksa oleh Dinas Teknis. Dalam tahap ini akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan informasi, dan jika terdapat informasi yang kurang lengkap maka akan dikonfirmasikan kepada pemilik gedung agar segera dilengkapi.

  1. Pernyataan Pemenuhan Standar Teknis

Setelah proses pemeriksaan informasi dan dokumen selesai dilakukan, selanjutnya akan dilakukan penentuan jadwal untuk konsultasi perencanaan kepada pemohon atau pemilik gedung. Setelah proses ini dilakukan, maka izin PBG akan segera diterbitkan.

Jasa Pembuatan PBG Kota Surabaya

ProReaders, untuk memperoleh izin PBG seorang pemilik gedung harus memenuhi persyaratan dan melewati beberapa tahapan proses hingga izin tersebut diterbitkan. Namun, tidak jarang ditemukan jika proses untuk memperoleh izin tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Memerlukan proses dan tahapan yang memakan dan menyita waktu cukup lama hingga izin PBG dapat diterbitkan.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan layanan biro jasa untuk membantu Anda membuat PBG. Kini telah hadir di Kota Surabaya, biro jasa yang siap membantu Anda membuat izin PBG untuk bangunan Anda. PT PROJASA CITA NUSANTARA Cabang Surabaya adalah jawabannya.

KLIK DISINI Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi GRATIS terkait izin PBG bangunan Anda.

Baca Juga: Syarat dan Prosedur Pendirian PT

Dapatkan update terbaru dari kami terkait perizinan gedung dan izin usaha disini.

Related post

Bagaimana Cara Memilih Manajemen Villa Terbaik di Bali

Bagaimana Cara Memilih Manajemen Villa Terbaik di Bali

Bayangkan ini! Anda sudah mewujudkan impian anda untuk memiliki properti di Bali dan anda merasa bangga memiliki villa indah di salah…
PROJASA KONSTRUKSI

PROJASA KONSTRUKSI

Halo, ProReaders! Dalam industri, dunia konstruksi disebut-sebut sebagai salah satu bidang yang lebih dinamis jika dibandingkan dengan bidang – bidang industri…
MANFAAT MENDIRIKAN PT PMA

MANFAAT MENDIRIKAN PT PMA

Halo, ProReaders! Peraturan perundangan-undangan telah menetapkan dan tertulis jika investasi asing yang akan masuk ke Indonesia diharuskan melalui prosedur penanaman modal…

Leave a Reply

Your email address will not be published.