• March 30, 2022
  • No Comment
  • 58

Usaha yang Menjanjikan Dikala Pandemi

Usaha yang Menjanjikan Dikala Pandemi

Pandemi berdampak besar terhadap melemahnya sektor ekonomi. Berbagai bidang usaha berlomba-lomba mencari strategi yang tepat untuk tetap menarik minat pembeli. Namun, tidak semua sektor perdagangan mengalami penurunan drastis, bahkan ada beberapa usaha dagang yang ternyata semakin berkembang karena dianggap penting bagi masyarakat. Data kuartal pertama yang dikutip dari Bank Indonesia tahun 2020 menunjukkan beberapa bisnis yang mampu bertahan, bahkan meningkat saat pandemi, baik dalam skala kecil, menengah, atau besar.

Apa saja ide bisnis yang bisa anda jalankan ditengah pandemi ini? Yuk simak penjabarannya dibawah ini.

Makanan

Makanan merupakan salah satu kebutuhan utama dalam hidup. Maka dari itu makanan termasuk komoditas penting dalam situasi apa pun. Penerapan pembatasan sosial atau social distancing membuat banyak orang bergantung pada penyedia makanan, misalnya warung dan kedai. Variasi lain seperti menu sehat atau makanan vegetarian juga cukup laris.

Jenis makanan yang tahan lama juga sangat diminati, misalnya makanan beku seperti tempura, siomay, ayam, nugget, sosis, dan bakso. Makanan beku buatan rumahan banyak diminati karena dianggap lebih sehat dan murah. Produk dapur penting seperti sambal, bumbu masak kemasan, dan rempah-rempah juga sangat laris.

Produk Kesehatan

Produk kesehatan saat ini mengalami peningkatan pemasukan yang signifikan. Vitamin, suplemen, mineral, ramuan herbal, jamu, obat rumahan, serta masker masih banyak dicari. Karena adanya anjuran pemakaian masker untuk mengantisipasi penularan virus, bisnis pembuatan masker kain mulai diminati.

Masker kain juga memberi peluang bekerjasama dengan para seniman misalnya industri kreatif. Design masker yang berkolaborasi dengan seniman dan para tokoh lainnya juga dapat bermanfaat serta memberi motivasi ajakan untuk memakai masker.

Produk Berkebun

Produk untuk bertani atau berkebun menjadi salah satu usaha yang relatif bertahan saat musim pandemi, bahkan sedikit meningkat. Banyak orang mengisi waktu dengan berkebun. Hal ini bermanfaat sebagai penghilang stres dan jenuh saat isolasi mandiri sekaligus upaya meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, berkebun sendiri dirumah juga membuat kualitas bahan pangan yang ditanam menjadi lebih segar dan sehat. tanaman yang dipilih biasanya berbagai macam sayuran seperti kol dan bayam, cabai, terong, dan sebagainya.

Bahan Pokok

Bisnis penjualan bahan pokok semakin meningkat saat pandemi. Produk makanan pokok seperti beras, telur, mi instan, minyak, dan kebutuhan penting lainnya selalu diminati. 

Pengusaha bahan pangan utama juga biasanya menyediakan layanan antar bagi para konsumen yang tidak dapat keluar rumah, misalnya dengan bekerjasama via jasa pengantaran online sehingga pembeli hanya tinggal menunggu paket belanjaan tiba. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan penilaian positif dari konsumen terhadap usaha anda.

Produk Kebersihan

Produk sanitasi semakin banyak dibutuhkan dan kemungkinan masih akan terus meningkat. Standar kebersihan masyarakat meningkat sejak adanya pandemi covid 19 ini sehingga banyak produk-peroduk kebersihan yang dibutuhkan.

hand sanityzer dan sabun pencuci tangan menjadi produk kebersihan yang paling laris saat ini. Akan tetapi, sabun mandi dan pencuci wajah, termasuk produk bayi dan pemilik kulit sensitif, juga masih banyak peminatnya. Selain itu, alat kebersihan baik rumah tangga maupun pribadi ikut kena imbas. Tisu terutama sangatlah penting karena tidak hanya bermanfaat untuk etika bersin/batuk, tetapi juga sebagai pelapis sekali pakai untuk masker kain.

Produk Pendidikan, Permainan, dan Hobi

Social distancing membuat banyak anak harus belajar di rumah. Balita dan anak-anak memerlukan suatu kegiatan yang dapat mengasah otak dan motorik mereka tetap aktif walaupun harus berada di rumah. Hal ini mendorong banyaknya orang yang membeli berbagai macam buku bacaan, alat gambar, buku mewarnai, permainan edukasi, flash card, dan produk serupa lainnya.

Ajukan Perizinan Usaha

Mengetahui peluang usaha yang sedang naik saat ini tentunya mampu membantu anda mempertahankan perekonomian ditengah pandemi. Saat ini pemerintah mewajibkan bagi seluruh pelaku usaha baik mikro hingga makro untuk memiliki izin resmi. Izin Usaha juga dapat membantu anda mencakup pemasaran produk yang lebih luas hingga ke seluruh indonesia dan memudahkan masuk dalam platform online. Jika anda menemui kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim kami, Projasa. Projasa dapat membantu anda mengurus dokumen perizinan usaha, lingkungan, hingga digital marketing. Karena projasa, partner bisnis anda.

Related post

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Syarat Gambar PBG Kota Denpasar

Halo, ProReaders! Pemerintah Kota Denpasar telah menetapkan keputusan bahwa setiap instansi atau perusahaan yang akan membangun sebuah gedung bangunan harus mengacu…
Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Begini Cara Mengurus Izin AMDAL

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau kegiatan usaha yang memberikan potensi risiko kepada lingkungan wajib memiliki dokumen AMDAL. Prosedur pembuatan dokumen AMDAL…
4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

4 Jenis Dokumen AMDAL yang Wajib Diketahui

Halo, ProReaders! Setiap bisnis atau usaha untuk melaksanakan kegiatannya tentu memerlukan sertifikat atau izin yang diberikan oleh pihak pemerintah, baik pemerintah…

Leave a Reply

Your email address will not be published.